This is an outdated version published on 2024-03-31. Read the most recent version.

PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM PENGUATAN NUMERASI DI SEKOLAH

Authors

  • khairina afni Prodi pendidikan matematika STKIP Budidaya
  • Mardiati STKIP Budidaya Binjai
  • Aulia Nur Istiqomah STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v16i1.1207

Keywords:

Kata Kunci: Kampus mengajar, numerasi, siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam penguatan numerasi disekolah yang dilatar belakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar angkatan 6 yang merupakan bentuk pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementrian Pendidikan Kebudidayaan Riset dan Teknologi. Penelitian ini memiliki program yang tujuan utama yaitu untuk menjadi mitra guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan disekolah, khususnya dalam pembelajaran numerasi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari kegiatan ini yakni siswa sangat terbantu dalam mengenal lebih jauh tentang numerasi, bahwasannya numerasi itu tidak sulit dalam menyelesaikannya, dengan diadakannya program ini siswa sangat antusias dalam mengerjakan latihan-latihan yang diberikan oleh mahasiswa dan kegiatan ini menjadikan siswa tertarik pada numerasi.

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47.

Ekawati, R. F. (2022). Pentingnya Literasi dan Numerasi Dalam Kehidupan Sehari-hari Bersama Radio RRI. jurnal.umsb, 46-52.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (1), 93-103.

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 Sdn 192 Ciburuy. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10-19.

Indarini, A. D., & Abidin, Z. (2022). Implementasi Media Smartpoli dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran di Era Pandemi. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).

Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Patriana, W. D., Sutama, & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5) : 3413 –3429

Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di SD N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 35-40.

W. Han et al., Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017.

Wahyuni, A. W. (2022). Membangun Literasi Numerik dan Sains PAUD Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2798-2912.

Published

2024-03-31

Versions