PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TAMAN SISWA BINJAI

Authors

  • Ice Wirevenska STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati Mardiati STKIP BUDIDAYA
  • Lilis saputri STKIP BUDIDAYA
  • Delfi Sri Rahayu Sembiring

Keywords:

Missouri Mathematic Project, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematic  Project (MMP)  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini  dilaksanakan di SMP Swasta Taman Siswa Binjai, Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa yang duduk  di kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Binjai tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 60 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel   diambil dari dua kelas dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Berdasarkan analisis data yang telah disajikan dan pembahasan hasil penelitian yang telah diuraikan, diperoleh Fhitung= 0,51. Pada taraf signifikan α = 5% didapat Ftabel = 4,20. Karena Fhitung < Ftabel (0,51< 4,20) maka koefisien arah persamaan regresi berarti dan hasil uji hipotesis diperoleh b = 0.15, karena b≠0 pada taraf signifikan 5% (0,05) maka H_(o  )ditolak dan H_(a  )diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Manurung Suprapto, 2015, ”Pengaruh pembelajaran Three stage Fishbowl Decision Terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa prodi pendidikan matematik T.A 2014/2015”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan Pendidikan matematika Vol. 1 No. 3.

Nyimas Aisyah, 2007, Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, Departemen Jenderal Pendidikan Tinggi : Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmiati,Fahrurrozi, 2016, “Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”, Jurnal Matematika Vol. 10 No. 2.

Risnawati, 2008, Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru:Suska Press.

Downloads

Published

2024-02-26