PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP IT DARUL HIKMAH

Authors

  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya Binjai
  • sanimah sanimah Universitas Negeri Medan
  • Yulia Ningsih

Keywords:

Pengaruh, Think Pair Share, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP IT Darul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas VII SMP IT Darul Hikmah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran TPS terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP IT Darul Hikmah. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP IT Darul Hikmah. Hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran TPS dengan kategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis setelah penerapan model pembelajaran TPS adalah 79.48 lebih tinggi dari Nilai KKM. TPS memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui interaksi sosial, internalisasi, aktivitas reflektif, pembelajaran aktif, dan penguatan kemampuan komunikasi. Dengan menciptakan lingkungan kolaboratif, TPS memungkinkan siswa melihat konsep dari berbagai sudut pandang, sementara tahap "Think" dan "Share" memperdalam pemahaman melalui proses refleksi dan diskusi. Sebagai strategi pendidikan, TPS tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mengaitkannya dengan pengalaman pribadi siswa, memperkuat motivasi intrinsik, dan membentuk pemahaman konsep yang kuat.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ResearchGate. 1–7

Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989-1000.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261-272.

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-50.

Kurnia, A., Harleni, S., & Sanimah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together) Dengan Media Kotak Matriks Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 114-123

Mardiati. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.5, No.2, 171-176.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68-80.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218-226.

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14.

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17-32.

Sari, D. N., & Chantika, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 74-82.

Downloads

Published

2024-02-26