PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KANCING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP IT AL MANAR HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Ice Wirevenska - STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v11i1.141

Abstract

Masalah yang muncul dalam penelitian ini bahwa 1) Pendidikan matematika siswa di SMP IT Al Manar masih rendah, 2) Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Dan 3) Pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media kancing terhadap pemahaman konsep matematik siswa kelas VIII SMP IT Al Manar Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di SMP IT Al Manar Hamparan Perak. Dengan alamat Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dan akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak kelompok), dengan unit samplingnya adalah kelas VIIIA, VIIIB danVIIIC. Dengan jumlah siswa 116 siswa.  Jadi, setiap kelas berpeluang sama untuk dipilih. Pada penelitian ini, terpilih kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel 80 siswa. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) sedangkan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematik siswa disusun dalam bentuk uraian tentang materi sistem persamaan linier dua variabel. Data yang diperoleh terdiri dari nilai kognitif pemahaman konsep matematika. Data awal tersebut berupa nilai tes kemampuan awal yaitu nilai matematika pretest dan nilai tes akhir pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaandua rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (5,00 > 4,13). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t bahwa thitung > ttabel (6,488 > 1,665) maka hipotesis Ha diterima,  sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP IT Al-Manar Hamparan Perak  Tahun Pelajaran 2018/2019.

Author Biography

Ice Wirevenska -, STKIP Budidaya Binjai

Pendidikan Matematika

References

Agus, Suprijono. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Anggoro, Rostien Puput. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TAI dengan Kontekstual terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 1, Juni 2015.

Aisjah Juliani Noor, Megawati. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pemecahan Masalah Matematika di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Februari 2014.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Arvianto. Cooperative Learning Metode Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia, 2011.

Hadjar, Ibnu. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Huda, Miftahul. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Neolaka, Amos. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Slavin, Robert. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. (Edisi Terjemah). Bandung : Nusa Media, 2009.

Downloads

Published

2019-05-06