PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 STABAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Imelda Wardani Rambe STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v11i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV dikelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Sampel penelitian di ambil sebanyak 28 siswa yang berada di kelas VIII-2. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Sebelum tes diujicobakan, terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas tes tersebut. Hasil uji validitas diperoleh bahwa soal pretest dan soal posttest valid. Uji reliabilitas soal pretest posttest reliabel. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilaukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Normalitas diuji dengan menggunakan titik lilifors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dimana pengumpulan data untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh  ditolak, dan  diterima. Dari pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat tahun ajaran 2018/2019.

Author Biography

Imelda Wardani Rambe, STKIP Budidaya

Pendidikan Matematika

References

Hija, Alvia, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA.Vol 1 no.1.hlm 25-33.

Ichwanu. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Lembar Kerja Sosial Alternatif Untuk Siswa SMP Kelas VII Dalam Pemecahan Masalah Tentang Segiempat dan Segitiga Jurnal Pendidikan Matematika . Volume 3 No 3.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta .

Richardo, Rino. Juni 2015.Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol.4 No.1.

Santoso, Erik. Edisi Juli 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMK Galuh Rahayu Ciamis.Vol. 1 No.1.hal.10-20.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2019-05-06