ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE
Keywords:
Mathematical Communication Skills, Ethnomathematics, Self-Confidence, Circle, Mathematics LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berbasis etnomatematika ditinjau dari kepercayaan diri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan komunikasi matematis berbasis LKS, angket kepercayaan diri, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri tidak selalu sejalan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Terdapat variasi kemampuan komunikasi matematis pada berbagai tingkat kepercayaan diri: siswa dengan kepercayaan diri rendah menunjukkan kemampuan komunikasi cukup baik, siswa dengan kepercayaan diri sedang menunjukkan kemampuan komunikasi baik, sedangkan siswa dengan kepercayaan diri tinggi hanya menunjukkan kemampuan komunikasi matematis cukup baik. Diharapkan guru matematika dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri siswa tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mendukung kemampuan komunikasi matematis. Praktik yang lebih intensif dalam mengekspresikan ide matematika menggunakan bahasa siswa sendiri dan penggunaan konteks budaya lokal yang lebih bermakna perlu diterapkan. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan sampel yang lebih besar dan metode yang berbeda untuk mengidentifikasi faktor lain yang memengaruhi keterampilan komunikasi matematika siswa.References
A., Musaropah, U., Huda Zarista, R., & History, A. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Jurnal Aproksimasi, 1(3).
Agustin, Nurlia, dkk. (2021). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematis Tentang Materi Bangun Ruang Siswa Kelas 5 SD Negeri Kecamatan Allian Tahun Ajaran 2020-2021. Journal of Professional Elementary Education, 1(15), 10-16.
Ajmain Herna. (t.t.). IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Ajmain 1 , Herna 2 , Sitti Inaya Masrura 3 (Vol. 12).
Amalia, Y. et. al. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 2. (2), 38-48.
ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL LINGKARAN SISWA SMP. (t.t.-a).
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., Wijaya, T. T., Siliwangi, I., Sudirman, J. J., Cimahi, J., & Barat, I. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN DAN BANGUN RUANG SISI DATAR. 2(6).
Fatoni, Y. A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.67
Fay, N., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Skills In Terms of Self-Confidence. International Journal of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5). https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i 5.142
Gerdes, P. (1996). Ethnomathematics and Mathematics Education. Dalam International Handbook of Mathematical Education(hlm 909- 943). Dordrecht: Kluwer Academic Publiser
Hasanah, U. (2020). Mathematics Communication Skill Seen from Self-Efficacy of Junior High School Students on 7E Learning Cycle with Ethnomathematics Nuances. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 190–196. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ujme r/article/view/37075
Hodiyanto. (2017). kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika. AdMathEdu, 7, 10.
Lestari dan Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Retika Aditama.
Noviyana, I. N., dkk. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Noviyana, I. N., Rochmad, & Dewi, N. R. (2020). Student Mathematical Communication Ability Viewed from Self-Confidence in the ARIAS Model Nuanced Ethnomathematics. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(1), 106–113. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ujme r/article/view/32070
Nur, A. S., Waluya, S. B., Kartono, & Rochmad. (2021). Ethnomathematics Perspective and Challenge as a Tool of Mathematical Contextual Learning for Indigenous People. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 5(1), 1–12. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i 1.17072
Purnomo, R.W.A. (2021). Peran Self Confidence Bagi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 5(2), 1-17. http://eprints.umpo.ac.id/7763/5/Artike l%20Asli.pdf
Ilmiatirrafiah, K. S. W. (2021). HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. 3(2), 51–57.
Izzah Lintang Masyithoh, & Rika Wulandari. (2023). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Self Confidence Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Banyu Ajuh 06. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 01–10. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.33
Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p479-486
Prianti, C., Nursangaj, A., & Ijuddi, R. (2022). Student Mathematics Communication Ability Review From Self-Confidence. Berajah Journal, 2(2), 347–360.
Rahmasuri, Anggita Ratih. Dwijayanti, Ida. Wulandari, D. (2022). PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA. Jurnal Silogisme, 7 No 1(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215–228. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3095
Rusyda, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII 2 SMP PLUS DARUL HIKMAH.
Sopiah, P., Erlin, E., & Amam, A. (2022). Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 476. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6956