PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI DAN RELASI DENGAN MNGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rio Pramudya, Ice Wirevenska, Dewi Rulia Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi  matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dan desain yang digunakan adalah pretest- posttest control goup design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 AK sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-2 AK sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi  matematis siswa kelompok kelas eksperimen setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran dengan metode quantum learning dan alat peraga mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni 40,3 meningkat menjadi 82.2 dan tidak terdapat peningkatan yang signifikant pada kelompok kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yakni 41,47 menjadi 43,87. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat  pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi  matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF

References


Abdurrrahman, Alwiyah. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terjemahan Quantum Learning by Bobbi DePorter & Mike Hernacki. Bandung: Kaifa.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Depdikdas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

Dharma. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal PRISMA Vol. 2.

Hartini, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kreano No. 7. Vol 2.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: Library of Congress Cataloguing-in-Publication.

Rahardi, Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Rahman, Abdur. dkk. 2016. Matematika-Studi dan Pengajaran. Jakarta : Kemdikbud.

Rifa’i dan Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang :UPT Unnes Press.

Sitepu, Br. D.R. 2019. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke Tema : ”Peran Ilmu Pengetahuan Dalam Pembangunan Di Era Revolusi Industri 4.0 Bedasarkan Kearifan Lokal.:Penerapan Model Quantum Teaching Pada Pembelajaran Biologi Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas XI IPA Sma Swasta Esa Prakarsa. Hal. 63-71

Suderadjat, Hari. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung: CV Cipta Cekas Grafika




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.261

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id