PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Lilis Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas VII MTs Miftahul Ula Pematang Cengal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest-control Group Desain. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana. Hasil penelituan menunjukan bahwa pembelajaram matematika mengunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian bahwa bahwa Fhitung> Ftabel yaitu  4,277>4,171.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dahar, R.W. 2006. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Prayitno. 2013. Konseling Integritas. Padang: UNP.

. 2006. Perencanaan Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

. 2005. Perencanaan PengajaranBerdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Rahmat. 2016. Peningkatan Kemapuan Pemahamand dan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajara Kooperatif Tipe Jigsaw. Sebuah penelitian di MAN Peisangan Bireuen. Aceh: Unsyiah.

Saputri, Lilis. 2018. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Berbantuan Wingeom Pada Matakuliah Geometri Transformasi Di Stkip Budidaya Binjai. Jurnal MathEducation Nusantara, Volume 1, Nomor 1, 181-192.

_______, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation Nusantara, Volume 1, Nomor 2, 108-115.

Siti Mawaddah, Ratih Maryant. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, 76 – 85 .

Syahbana Ali. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Metakognitif. Jurnal pendidikan matematika, Vol 03 no 02.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.262

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id