PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Evi Ramadhani Siregar, Mardiati -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan dalam sampel ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 orang siswa, pada kelas XI-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang siswa. Kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Snowball Throwing dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest dan posttest, sebagai alat pengumpul data digunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari 5 butir soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan uji hipotesis didapat Fhitung > Ftabel yaitu 4,37 > 4,16 pada uji keberatian, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga arah koefisien berarti, uji kelinieritas apabila  Fhitung < Ftabel yaitu 0,577 < 4,16 maka H0 ditolak dan Ha diterima maka linier, diperoleh rhitung > rtabel yaitu 103,725 > 0,3494 maka (r ≠ 0) dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi matriks kelas XI SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Clara Dwi, dkk. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 8, Mei, 2014.

Irmayanti dan Ardin Siagalan. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Serdang Bedagai. Jurnal Geografi. 1(1): 81-89

Sari, Lisna Siti Permana. (September 2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 3 , Issn 2086-4280 , 145 .

Syaripah. (September 2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup T.P 2014/2015. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2.

Sugiyono. 2002. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Widayanti, Tri. 2014. Keefektifan Pembelajaran Model Snowball Throwing Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Semarang. Jurnal kreano. 5(1): 99-104




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.263

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id