PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MAHASISWA

Yeni Listiana, Wulandari -, Ice Wirevenska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas bahan ajar kalkulus berbantuan software autograph yang dikembangkan, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman kalkulus mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar kalkulus berbantuan software autograph. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi oleh ahli materi kalkulus dan ahli media pembelajaran (Autograph) kemudian diuji coba ke lapangan pada mahasiswa untuk melihat efektivitasnya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket (lembar validasi) dan tes. Hasil penelitian berupa pengembangan bahan ajar kalkulus berbantuan software autograph. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa (1) bahan ajar kalkulus berbantuan software autograph yang dikembangkan efektif dilihat dari ketuntasan belajar klasikal mahasiswa terpenuhi, kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik, dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik, (2) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman kalkulus mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar kalkulus berbantuan software autograph yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba lapangan yang dilakukan.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Fairus. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Dscovery Learning Berbantuan Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Keteramplan Sosial Siswa SMK. (Tesis Pascasarjana UNIMED). Online: http://www.unimed.ac.id

Hake, R.R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Indiana University (Emeritus). Agustus 2002

Irwansyah, Budi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbantuan Software Autograph di Program Studi Pendidikan Matematika STAN Zawiyah Cot Kala Langsa. Jurnal Logaritma Vol.III No.1 Januari 2015

Mardiati. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Kalkulus Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Prosiding. Budidaya Press-Lembaga Publikasi STKIP Budidaya Binjai. ISBN 978-602-51315-0-9

Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Leraning Gains In Physics: A possible “hidden variable” In Diagnostic Pretest Scores. Iowa State University, Ames Iowa 50011. 23 Agustus 2002

Sugiantara, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Peta Konsep pada Materi Trigonometri di Kelas XI SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika (Volume 2 Tahun 2013).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.265

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id