PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Silvia Harleni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2019/2020, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontol. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 73,63 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 50,23. Terdapat  pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis data yang menggunakan uji-t dengan nilai thitung > ttabel (4,499 > 1,671) dengan derajat kebebasan (db) = 60, dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol. Hal  ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemecahan masalah  siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF

References


Fatmawati H., Mardiana, Triyanto, Analisis Berfikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol.2(9), Srage, 2014.

Harleni S., Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PMR) Siswa Kelas VIII MTs Al Azhar Bulu Cina Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal Serunai Matematika, vo. 11(2), 2019.

Harleni S., dan Susilawati E., Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Program Linier Dengan Memanfaatkan Software QM Pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai, Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan vol. 3(2), 2018.

Meidawati Y., Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP, Jurnal Pendidikan dan Kegurunan, vol. 1(2), Tanggamus, 2014.

Miftachudin, Budiyono, Riyadi. Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Peseta Didik Kelas VII SMP Negeri Di Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Elektronik Pmbelajaran Matematika, Kebumen, 2015.

Purwosusilo, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Melalu Strategi Pembelajaran REACT, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Jakarta, vol.1(2), 2014.

Susanto A., Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.266

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id