PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Riska Febriani br. Sembiring, R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  model pembelajaran think pair share(TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA MELATI BINJAI Tahun Pelajaran  2019/ 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SmA  Melati Binjai pada semester ganjil, tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SmA Melati Binjai sebanyak 5 kelas, dengan jumlah seluruh populasinya adalah 140 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X– Mia 3 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain pre-experimental. Desain penelitian atau rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah desain pretes-pascates satu kelompok (one group pretest-postest design). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes.Secara spesifik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai sebelum diterapkannya model pembelajaran think pair share(TPS) hanya sebesar 52,33. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share(TPS) meningkat dari 52,33 menjadi 72,50. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh  model pembelajaran think pair share(TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran  2019/ 2020.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. (Jakarta: BSNP, 2006)

Depdiknas.Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No. 20 Tahun 2003. (Jakarta : Depdiknas, 2009)

Fathurohman Pupuh. Strategi Belajar Megajar. (Bandung : PT Refika Aditama, 2007)

Hamdani.Stategi Belajar Mengajar. (Bandung : Pustaka Setia, 2011)

Nurjaman Adi. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Didaktik Volume 9, Nomor 1, Tahun 2015 – ISSN 1978-5089

Rahman Abdur, dkk. Matematika Studi dan Pengajaran. (Jakarta : PT Gramedia, 2016)

Saragih Sehat. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis SMA/MA di Kecamatan Simapng Ulim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 2 (Vol. 19). 2013




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.274

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id