ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.351Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) melalui pembelajaran online di masa pandemi kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X TKJ 3 SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diagnostik. Data dikumpulkan dengan cara memberikan tes berupa soal cerita terkait materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaiakan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan memberikan alternatif penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan yang dialami siswa yaitu (1) Kesulitan yang paling banyak dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah kesulitan dalam mengubah soal cerita menggunakan eliminasi dan substitusi yaitu berjumlah 11 orang siswa.  kedalam bentuk model matematika yaitu berjumlah 5 orang siswa (2) Kesulitan berikutnya yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah kesulitan kedalam bentuk model matematika yaitu berjumlah 5 orang siswa.References
Anwar, Saiful. 2013. Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Poyla Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Di Kelas VI MI AL-IBROHIMY GALIS BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Matematika e-Pensa. Surabaya. Vol. 01, No. 01.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnesi, Novita & K Abdul Hamid. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Iinggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. Medan. Vo. 2, No. 01.
Fatimah. 2015. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM.
Noordyana, Mega Achdisty. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika. Garut. Vol. 05, No. 2.
Pangestika, Nur Lia. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta.
Rahmayanti, Vina. 2016. Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Siswa SMP Di Depok. Jurnal SAP. Jakarta. Vol. 1., No. 2
Sidabalok, Evi Triana Uli Katarina. 2016. Analisis Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Poyla Materi Irisan dan Gabungan Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Satya Wacana. Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Sitepu, D.R.. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sel Hewan dan Tumbuhan di Kelas XI IPA SMA Swasta Esa Prakarsa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Binjai. Vol. 5, No. 2
Wahyuddin. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Jurnal Tardis Matematika. Makassar. Vol. 2 No. 2.