EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kiki Permana Putry STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya Binjai
  • Efrini Panjaitan STKIP Budidaya Binjai

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa sekolah dasar efektif di tinjau dari ketuntasan belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 106801 Bulu Cina. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian yang berupa tes, observasi dan angket. Hasil penelitian yang ditinjau dari ketuntasan hasil belajar pada tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,68% dengan 9 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar 47, 36% dan berada pada kategori kurang efektif, sedangkan pada tes akhir diperoleh rata-rata 92,63% dengan 19 siswa yang tuntas serta ketuntasan klasikal sebesar 100% dan berada pada kategori efektif. Ditinjau dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh presentase sebesar 92% dan berada pada kategori efektif. Ditinjau dari respon siswa memperoleh presentase sebesar 85,28% dan berada pada kategori efektif.

References

Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 9 Edisi 1, April 2015, hlm 17

Khusniyah, N. L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggrisvol. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17 (1), 19

Rina Asnawati & dkk. 2015. Efektivitas Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif†(Jurnal: hlm 2)

Sadikin & dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Jurnal : hlm 214-224)

Setyosari, P. 2007. Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2007 No.2. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 7-8.

Sinambela, N.J.M.P.2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara.Tesis.Surabaya Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya

Siregar, E. R., dan Mardiati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19

Suripah, S., & Sthephani, A. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik†(Jurnal Pendidikan Matematika, hlm: 149-160.)

Surat Edaran Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 1 Tahun 2020

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2021-04-08