ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DALAM BENTUK CERITA PADA MATERI SPLDV KELAS X SMKS TIK JABAL RAHMAH
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.354Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pada materi spldv kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah.. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Adapun subjek penelitian ini meliputi guru dan siswa. Untuk subjek penelitian pada siswa terdapat 34 siswa dengan asumsi tidak hadir 5 siswa sehingga untuk subjek valid terdapat 29 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes dalam bentuk uraian yang telah tervalidasi dan wawancara. Setelah di lakukan penelitian terdapat 23 siswa yang hadir dan menyelesaikan tes. Dengan hasil tes yang dilakukan 2 siswa masuk dalam kategori kemampuan sedang, 11 siswa masuk dalam kategori kemampuan rendah dan 10 siswa masuk dalam kategori kemampuan sangat rendah. Dari hasil wawancara terhadap 6 siswa dengan 2 siswa kemampuan sedang sedikit memahami pelajaran SPLDV sebelumnya, 2 siswa kempuan rendah kurang memahami pelajaran SPLDV dan tidak pernah mengulang-ulang materi di rumah, dan 2 siswa kemampuan sangat rendah tidak sedikit pun memahami materi SPLDV dan jarang hadir ke sekolah. Hasil wawancara dengan guru untuk kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pada materi SPLDV kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah terdapat kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kondisi fisik, keadaan psikologi yang terbawa dari rumah ke sekolah seperti permasalahan keluarga, dan kurangnya dukungan dari orang tua siswa untuk belajar.ÂReferences
Lina. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Level Berpikir Geometri Van Hiele. (Skripsi).Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Malik, Abdul. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lorong Telu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moleong, L.J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Retna, dkk. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI. 1(2), 71-81.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikna.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, dkk. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Pada Guru Dan Siswa SMA. (Hasil Penelitian) Bandung: FPMIPA IKIP Bandung.
Wahyudi, dan Dewi, Sutra Asoka. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Jurnal Matematika Universitas Kristen Satya Wacana.
Yusuf, A. Muri. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zakkina, Gais dan E.A. Afriansyah. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 6, Nomor 2. Garut, Jawa Barat : STKIP Garut.