PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID 19 TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA SWASTA MELATI BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.355Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring di era pandemi covid 19 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Swasta Melati Binjai. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Melati Binjai sebanyak 31 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah angket pembelajaran daring dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (7,51 > 2,04), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring di era pandemi covid 19 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Swasta Melati Binjai.ÂReferences
Afni, Khairina. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas VIII SMP Putra Jaya Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.5, No.1.
Anisa, Witri Nur. 2014. “Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistikâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 1.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar†Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1.
Husna. 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)â€. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2.
Kamalasari, Aliq Fiya. 2019. “Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatifâ€. Jurnal Seminar Nasional Pascasarjana, ISSN 2686-6404.
Kuntarto, Eko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggiâ€. Journal Indonesian Language Education and Literature Vol. 3, No. 1.
Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematikaâ€. Journal of Islamic Education ISSN Vol. 2, No. 1.
Purbayu dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yodha ,Seno Abi. 2019. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malangâ€. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 3