PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA DARING (DALAM JARINGAN) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.356

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi siswa dalam penerapan pembelajaran matematika dengan media daring di SMA Negeri 1 Padang Tualang.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan 31 butir pernyataan. Dari perhitungan data yang diperoleh menunjukan bahwa persepsi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dengan media daring di SMA Negeri 1 Padang Tualang masuk dalam kriteria kurang positif. Hal ini dapat dilihat dari pada indikator menerima/menyerap bahwa besar skor 2012,5 dengan besar persentase 34,16%. Indikator mengerti/memahami besar skor 1875 dengan besar persentase 31,84%. Dan indikator menilai besar skor 2002,8 dengan besar persentase 34%. Maka dari itu, persepsi siswa SMA Negeri 1 Padang Tualang dalam mengikuti penerapan pembelajaran matematika  dengan media daring “Kurang Positifâ€.

References

Adhitama, Septyan Wahyu, 2016.â€Persepsi Siswa kelas VII terhadap pembelajaran Aktivitas Air Di SMP negeri 2 Klatenâ€(Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan : Universitas Negeri Yogyakarta).

Adila,Kharizatul, Harisah,Yuzna,2010.â€Persepsi Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online Pada Pelajaran Matematikaâ€. (Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1PendidikanMatematika – FKIP UniversitasPekalongan).

Akbar, Rofiq Faudy,2015.â€Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudusâ€(Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam ,STAIN Kudus,Vol. 10, No. 1Jawa Tengah, Indonesia).

Arfiyanti, Tiya.2013.â€Persepsi Guru Dan Siswa Mengenai Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Se-Kota Magelangâ€. (Skripsi Program Study Pendidikan ekonomi Fakultas ekonomi Universitas negeri Yogyakarta.).

Belawati, Tian, 2019. Pembelajaran Onlien.Tangerang selatan : Universitas Terbuka.

Depdiknas.2004. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan.

Sari,Pusvyta.2015. “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learningâ€(Jurnal Ummul Qura Vol 6, No 2, INSUD Lamongan).

SobronA.N dkk. 2019.“Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipaâ€. (Jurnal Pendidikan Islam, vol 1, no 2, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo).

Sitepu, D. R. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. Jurnal Serunai Pendidikan, 5(1), 12

Zuriati, Suci dkk, 2020.“Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjung Pinangâ€.(Jurnal pendidikan,Politeknik imigrasi).

Downloads

Published

2021-04-08