PROFIL DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMICOVID-19 STUDI KASUS PADA MAHASISWA STKIP BUDIDAYA BINJAI

Authors

  • Ringga Logawe STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati Mardiati STKIP Budidaya Binjai
  • Dedi Hermawan Syahputra

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  disposisi matematis mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP Budidaya Binjai pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika  STKIP Budidaya Binjai. Dengan teknik Purposive Sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 36 mahasiswa semester IX. Instrumen yang digunakan adalah angket, jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh mean sebesar 65,09, nilai terendah (Minimum) 57,89, Nilai Yang Paling Banyak Muncul (Modus) 67,10 Dan Nilai tertingginya (maximum) adalah 75, dengan standar deviasinya adalah 4,24. Berdasarkan kriteria skor dengan menggunakan Penilaian Acuan Norma (PAN), disposisi matematis mahasiswa pada pembelajaran daring prodi pendidikan matematika STKIP Budidaya Binjai berada pada criteria sedang.

References

Andi Trisnowai, 2015. Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat provinsi Sulawesi selatan. Jurnal of EST, Vol 1, No 3, 3(12), 2015. Hal 48.

Aisyah Nursyam, 2019. Deskrpsi Disposisis matematis Mahasiswa Ditiunjau Dari Perbedaan Gender. Sulawesi Selatan: STKIP Muhammadiyah Bone

Heris Hendriana, dkk. Hard skills dan soft skills matematik siswa (Bandung: PT Refika Aditama, 2017). Hal 130.

Karlimah. (2010).â€Pengembangan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Serta Disposisi Matematis Mahasiswa Pgsd Melalui Pembelajaran Berbasis Masalahâ€. Disertasi Pada Sps Upi Bandung.

Mahmudi, Ali. 2010.â€Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematisâ€(Makalah Disposisi Pada Seminar Nasionalpendidikan Matematika). [Online]. Tersedia: Http://Staff.Uny.Ac.Id/

Mardiati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp. Jurnal Serunai Matematika, Vol. 10, No.2, Agustus 2018.

Pipit Fitriani, 2016. Deskrpsi Disposisi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Cirebon; Universitas Swadaya Gunung Jati.

Sadikin & dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Jurnal : hlm 214-224)

Setyosari, P. 2007. Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2007 No.2. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 7-8.

Siregar, E. R., dan Mardiati. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19

Shora Ayu Nurdika, 2019. Pnegaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII paguyuban kabupaten brebes tahun pelajaran 2018/2019. IAIN PURWEKERTO. Hal 5

Wryanto, Nur Hadi. 2006 “On-Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran†(Jurnal Pythagoras, Vol,2no 1)

Downloads

Published

2021-04-08