PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING DAN PRODUCTIVE DISPOSITION TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.358Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self directed learning dan produktive disposition terhadap kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP Budidaya Binjai berjumlah 124 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin, diperoleh sampel sebanyak 55 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berupa pernyataan positif dan negatif dengan jumlah 20 pernyataan untuk variabel (X1) self directed learning, 28 pernyataan untuk variabel (X2) produktive disposition dan 20 pernyataan untuk variabel (Y) kecerdasan emosional. Berdasarkan perhitungan ketiga variabel berdistribusi normal. uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F, hasilnya menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self directed learning dan produktive disposition terhadap kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika dapat dilihat bahwa nilai kostanta regresi linier berganda adalah 14.407, nilai koefisien regresi variabel self directed learning -0,054, dan nilai koefisien regresi variabel produktive disposition adalah 0,747. Maka Dengan demikian dapat dibentuk uji hipotesis  = 14,407 + -0,054. + 0,747. dengan nilai  sebesar 72,299 dan  sebesar 3,18, pada tarap sig 0,000 < 0,05. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self directed learning dan produktive disposition terhadap kecerdasan emosional mahasiswa pendidikan matematika di masa pandemiÂReferences
Firman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Hakim, Arif Rahman. 2019. “Menumbuh kembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Diskusi Panel Pendidikan Matematika, Vol. 5 (1).
Handarini, Oktafia Ika & Wulandari, Siti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),Volume 8, Nomor 3.
Indriwati, Prita. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 5 (2).
Irmawati, dkk, 2016.“Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Jurisan Pendidikan Matematika UIN Alaudin Makasarâ€.Jurnal Matematikadan pembelajaran Mapan, Vol. 4 (2).
Maemanah, Anah dan Winarso, Widodo. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Disposis Matematis Siswaâ€. Jurnal Review Pembelajaran Matametika.Vol. 4 (1).
Muhammad. Iryana. 2020. “Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Kemandirian Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemati Al-Qalasadi.Vol.4 (1).
Purwati dan Nurhasanah, 2016.“Deskripsi Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPAâ€. Jurnal Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember, Vol 5 (4)
Rosida, Vivi. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Makassarâ€. Saimsat Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, Vol.1 (1)
Saputri, Lilis. 2020. Peningkatan Self Confidence Mahasiswa Prodi Prndidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di STKIP Budidaya. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, Vol.6, No.1, Juni