SELF-CONFIDENCE MAHASISWA STKIP BUDIDAYA BINJAI PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SATRA INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.359Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Self-confidence mahasiswa STKIP Budidaya Binjai pada prodi Pendidikan Matematika dan prodi Pendidikan Bahasa Dan Satra Indonesia pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskiptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa Prodi pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajar 2020/2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik Simple random sampling. Diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 mahasiswa yang terdiri dari 60 mahasiswa prodi pendidikan matematika dan 60 mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self-confidence mahasiswa yang telah dilakukan uji validasi instrument. Setelah mendapatkan respon angket diperoleh prodi Pendidikan Matematika  nilai rata-ratanya adalah 117.58, sedangkan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia nilai rata-ratanya 123.73 dengan standar deviasi prodi Pendidikan Matematika yaitu 13.169 dan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu 11.448. Hasil uji prasyarat menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t dua pihak untuk menjawab hipotesis penelitian. Dari hasil uji t dua pihak bahwa terdapat perbedaan Self-confidence mahasiswa STKIP Budidaya Binjai pada prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Bahasa Dan Satra Indonesia di masa pandemi Covid-19.References
Arianti, R. Hubungan Antara Percaya Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Smk Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. SKRIPSI. Tidak Diterbitkan. UNIVERSITAS LAMPUNG : Bandar Lampung
Cicillia S S A. 2016. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Remaja Awal. SKRIPSI. Tidak Diterbitkan. UNIVERSITAS SANATA DHARMA : Bandung
Fitri, E. Zola, N. IFDIL, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. JPPI Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia , 1.
Gabriella T P. 2016. Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMA Santo Paulus Nyarumkop Tahun Ajaran 2015/2016 Serta Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan). SKRIPSI. Tidak Diterbitkan. UNIVERSITAS SANATA DHARMA : Bandung
Herawati, E., Agung Gde Somatanaya, A., & Hermanto, R. (2019). Hubungan Self-Confidence Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Yang Diajar Menggunakan Model Elicting Activities (MEAs). Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) , 1-9.
Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 5 No. 2 Juli 2018 , 1-9.
Risnawati, G. &. (2016). Teori-Teori PsikologI. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Saputri, L. D. S. (2020). Dampak Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Brandan Barat. Jurnal Serunai , 69-75.
Sopia, H. F. (2016). Kepercayaan Diri Mahasiswa Pgsd Universitas Muhammadiyah Tangerang Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. JPSD Vol. 2 No. 2 , 1-8.
SUDJANA. (2001). Metoda Statistika. Bandung: PT. TARSITO BANDUNG.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.
Zahara, F. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Potensi Utama Medan. Kognisi Journal, Vol 2 No.2 , 1-11.