PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII MTs AL-JAM’IYATUL WASLIYAH STABAT

Authors

  • Regina Sabariah Sinaga STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Elvira Zulfita

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII MTs Al-jam’iyatul Washliyah Stabat. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1dan kelas VIII-2 yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Sebelum tes ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan untuk melihat validitas dan reliabilitas tes tersebut. Hasil uji validitas dengan rtabel = 0,320 diperoleh bahwa soal pretest dan soal postest valid. Uji reliabilitas soal pretest diperoleh sebesar 0,774 yang berarti soal tersebut reliabel dan untuk soal posttest diperoleh 0,776 yang berarti soal tersebut reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Dari uji pendahuluan yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended  lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil tes kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 42,67 dan rata-rata postes sebesar 74. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 40,5 dan rata-rata postest sebesar 71,33. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji keberartian regresi dan uji kelinieran regresi. Dimana persamaan regresi kelas eksperimen = 58,09 + 0,37X  dan kelas kontrol = 59,67 + 0,28X. Hasil pengujian hipotesis diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,549  > 0,361 pada taraf . Ini berarti terdapat pengaruh signifikan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Besarnya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berfikir kreatif tergolong cukup tinggi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Hudojo, herman. 2002. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Lambertus. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Haluoleo, vol. 4 no. 1, Januari 2013.

Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Permanasari, Vita. 2013. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta. vol. 1 no.1, Maret 2013.

Rusyan,Tabrani. 2009. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi, E.T. 2006. Dasar-dasar Matematika dan Komputer untuk Guru. Bandung : Tarsito.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Saondi, Ondi. 2005. Perbandingan Prestasi Belajar Kalkulus Mahasiswa Antara yang Mendapat Pembelajaran Melalui Pendekatan Open-Ended dengan yang Mendapat Pembelajaran Biasa. Jurnal Pendidikan Matematika, vol..1 no.1, Januari-Juni 2005.

Suhandri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sultan Syarif Kasim Riau, vol. 3 no. 2, Mei 2013.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2002. Metode Stastitika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progesif. Bandung : Alfabeta.

Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2021-04-08