ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA PADANG TUALANG
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i1.361Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran secara daring dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Taman Siswa Padang Tualang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel atau sumber data dalam penelitian ini adalah guru matematika sebanyak 1 orang dan seluruh siswa kelas X SMA Swasta Taman Siswa sebanyak 27 orang siswa di dalam 1 kelas. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan angket (kuesioner), yaitu untuk mengetahui gambaran umum pembelajaran matematika secara daring dan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring yang diikuti oleh siswa yaitu melalui whatsapp group dengan cara membagikan file materi pelajaran berupa teks dan video. Melalui model pembelajaran daring ini mampu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sekitar 50% dari jumlah siswa yang ada. Kendala yang ditemukan dalam pembelajaran daring yaitu keterbatasan RAM pada gawai/ HP yang dimiliki siswa, keterbatasan kuota/ paket data, dan susah signal. Kemudian pada kajian motivasi belajar matematika siswa diketahui secara keseluruhan nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa sebesar 82,44 dan termasuk dalam kategori sedang. Nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa yang tertinggi terdapat pada indikator “adanya hasrat dan keinginan berhasil†sebesar 84,57 dan nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa yang terendah terdapat pada indikator “menunjukkan minat terhadap beragam masalah†sebesar 64.References
Ali, Muhammad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Imtima.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.
Batubara, Hamdan Husein. 2018. Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.
Emda, Amna. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Lantanida, Volume 5 Nomor 2.
Maliasih. 2017. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMAâ€. Jurnal Profesi Keguruan Volume 3 Nomor 2.
Purwanto, Agus. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasarâ€. Jurnal EduPsyCouns Volume 2 Nomor 1.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sitepu, Dewi Rulia, 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sel Hewan Dan Tumbuhan Di Kelas XI Ipa Sma Swasta Esa Prakarsa, Jurnal Serunai, Vol. 5, No. 2, hlm. 115-120.
Https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/viewFile/227/157
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sujarweni, Wiratna. 2019. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulaiman. 2015. “Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan)â€. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2.
Uno, B. Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.