ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI ERA COVID-19 SISWAKELAS VI SDNEGERI 050656 STABAT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i2.435Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun datar di era covid-19 siswa kelas VI SD Negeri 050656 Stabat tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana subjek terdiri dari siswa kelas VI SD Negeri 050656 Stabat dan Guru kelas VI itu sendiri. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan 3 tahapan yaitu tahap reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data makadiperoleh kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Dari permbahasan yang telah dijelaskan di bab IV sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VI SD NEGERI 050656 Stabat Tahun Pelajaran 2020/2021 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun datar melalui pembelajaran daring di era covid-19. Kesulitan belajar siswa meliputi : 1).kelemahan dalam menghitung, 2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, 3)Kesulitan dalam bahasa dalam membaca matematika, 4) Kesulitan dalam presepsi visual, 5)Kesulitan mengenal dan memahami matematika.ÂReferences
Chusna, Frida Amri. 2016. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika padaSiswa Kelas IV SD Negeri I Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.
Fakhrurrazi, 2018 “ Hakikat Pembelajaran Yang Efektifâ€. Vol XI, No. 1, hlm 85-99.
Hannani, Nabila. 2020. PengertianWhatsAppBesertaSejarahMenfaatKelebihandanKekuranganWhatsApp.https://www.nesabamedia.com/pengertian- whatsapp/amp/
Hasibuan, Khairani Eka. 2018.†Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandungâ€. Vol VII, No. 1, hlm 18- 30.
Nootrdyana, Mega Achidisty. 2016. â€Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa melalui pendekatan Metacognitif Instructionâ€. Jurnal Pendidikan STKIP Garut, Vol.5, No, 2, hlm 120-127.
Novita, Amesi& Hamid, Abdul. 2015. “ Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline Komunikasi Interpersonal terhadapHasilBelajarBahasaInggrisâ€.JurnalTeknologiImformasi&KomunikasidalamPendidikan, Vol. 2, No. 1, hlm.58-99.
Pane, Aprida.2017.†Belajar dan Pembelajaran “. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol 3, No. 2, hlm 333-351.
Selviananiresa, Dessi. 2017.†Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas 1 SD.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 11, Nomor. 1, hlm. 65-73.
Setyaningsih, Rika. 2017. Matematika Untuk SD/MI Kelas VI. Jawa Tenggah : Arifatul
Sugiono. 2013. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta
Waskitonigtyas, Sri Rahayu. “ Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016â€. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 5, No.1, hlm 24-32.