KONTRIBUSI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KUALITAS KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI KECAMATAN STABAT
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i2.467Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi teknologi pembelajaran online terhadap kualitas kompetensi guru matematika di SMP Negeri Se-Kecamatan Stabat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan  adalah sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah semua guru matematika SMP Negeri Se-Kecamatan Stabat yang berjumlah sebanyak 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik survey. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki persentase sebanyak 85%, kompetensi kepribadian sebanyak 92%, kompetensi sosial sebanyak 90%, dan kompetensi profesional memiliki persentase skor 84%. Dalam hal ini, masing-masing kompetensi guru matematika tergolong sangat mampu dalam teknologi pembelajaran online.References
Agung, I., dkk. (2014). Mengembangkan Profesionalitas Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kinerja Guru. Jakarta: Media Pustaka.
Ananda, R., & Amiruddin. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: CV.Widya Puspita.
Atika, A. R., & Purnamasari Y. M. (2019). Persepsi Orang tua Terhadap layanan Guru Laki-Laki dan Guru Perempuan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 84.
Dirgantoro, K. P.S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 161-163.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Indra, I. M. P., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish Grup Cv Budi Utama.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Peraturan Pemerintahan No 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
Siregar, E. R., dan Mardiati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19.
Sitepu, D R. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas XI SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. Jurnal Serunai Pendidikan, 5(1), 12.