MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA YPIS MAJU BINJAI PADA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v13i2.468Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA SMA YPIS Maju Binjai yang berjumlah 29 orang siswa. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata mencapai 73,11. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai r hitung > r tabel (0,619 > 0,367) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan motivasi belajar matematika siswa.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2(1): hal. 55-61.
Ferismayanti. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Lampung: LPMP Lampung.
Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Group.
Mardiati. 2020. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Metode Kooperatif Tipe Investigasi Kelompokâ€. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol. 6, No. 1.
Mona, Nailul. 2020. “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia)â€. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol. 2, No. 2.
Permana, Adi. 2016. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar†Jurnal Formatif. Vol. 6, No 3.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rimbarzki, Rimbun. 2017. “Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyarâ€. Jurnal Plus Unesa. Vol. 6, No. 2.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sitepu, D. R. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sel Hewan Dan Tumbuhan Di Kelas XI IPA SMA Swasta Esa Prakarsaâ€. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol. 5, No. 2.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.