Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkalian Bentuk ALjabar Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.538Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar siswa pokok bahasan perkalian bentuk aljabar dalam pembelajaran daring di era Covid-19 untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 1 guru matematika dan 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar diindikator kebiasaan belajar yaitu 32% yang tergolong dalam kategori rendah. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar  dindikator motivasi belajar yaitu 37% yang tergolong dalam kategori sedang. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar siswa diindikator kendala teknik yaitu 42% dan ketidakmampuan dalam pembelajaran daring yaitu 41% yang tergolong pada kategori tinggi.References
Abdurrahman, M. 2005, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan penilaian. Mata pelajaran Biologi. Jakarta. Depdiknas.
Harleni, Silvia dan Asniar. 2021. Hubungan Keaktifan Belajar Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 2 Satu Atap Batang Serangan. Jurnal Serunai Matematika, Vol. 13, No. 1.
Harleni, Silvia dan Mardiana. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear Dengan Memamfaatkan Matlab. Jurnal Education and development, Vol. 8, No. 4.
Sinaga, A.P. Silvia, H. Sanimah. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pokok Bahasan Bangun Datar Di Era Covid-19 Siswakelas VI SDNegeri 050656 Stabat. Jurnal Serunai Matematika, Vol. 13, No. 2.