PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI

Authors

  • Lisa Widyastuti STKIP BUDI DAYA BINJAI
  • R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar UINSU
  • Ice Wirevenska STKIP BUDI DAYA BINJAI
  • Juliantina Juliantina STKIP BUDI DAYA BINJAI

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.552

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest postest design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,93 > 0,36 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Swasta Tunas Pelita Binjai.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakrata: Rineka Cipta.

Hendriana, H dan Soemarmo, U. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Instarani. 2019. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mairing, Jackson Pasini. 2016. “Kemampuan Siswa Kelas VIII Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Akreditasiâ€. Jurnal Kependidikan, Vol. 46 (2).

Nengsih, L.W. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependentâ€. Jurnal Pendidikan, Vol. 4 (2).

Nurfatanah. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasarâ€. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, ISSN: 2528-5564.

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Aruzz Media.

Siregar, R. M. R. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMK Negeri 2 binjai Tahun Pelajaran 2018/2019â€. Jurnal Math Education Nusantara. Vol. 2 (1).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Ulya, H. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solvingâ€. Jurnal Konseling Gusjigang, Vol. 2 (1).

Downloads

Published

2022-05-10