PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP BUDI UTOMO BINJAI

Authors

  • R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar STKIP BUDI DAYA BINJAI
  • Lilis Saputri
  • Dewi Rulia Sitepu
  • Fani Indriani Putri

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan komunikasi matematik SMP Budi Utomo Binjai. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan susunan penelitian pretest posttest group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Dari teknik tersebut antara kelas (IX-A, IX-B, IX-C, IX-D) hanya satu kelas yang diambil sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas IX-A. uji prasyarat yang digunakan adalah uji kolmogorov-smirnov untuk menguji normalitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil perhitungan dipereoleh  kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan  36 dengan taraf signifikan 5% karena  maka  ditolak dan diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa

References

Annisatul N. (2018). “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatanâ€. Jurnal Mathedu, Vol. 1, no. 1.

Habibullah R. (2019). “Efektivitas Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 5 Padang Sidempuanâ€. Jurnal Mathedu, Vol. 2, no. 2.

Hani, dkk. (2018). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Di Tinjau Dari Resiliensi Matematikâ€. Jurnal JPMI, Vol. 1, no. 5.

Huda. (2013). “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaranâ€. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Instarani. (2019).†Model Pembelajaran Inovatif.†Medan: Media Persada

Jenab dkk, (2018). “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Untuk Mengetahui Pendekatan Kontekstualâ€. Jurnal JPMI, Vol. 1, no. 5.

Jihad dan Haris. (2013). “Evaluasi Pembelajaranâ€. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Nurgiansah. (2018). “pengembangan kesadaran hukum berlalu lintas siswa melalui pembelajaran juriprudensial dalam pendidikan kewarganegaraanâ€. Diakses dari Perpustakaan.UPI.edu pada tanggal 31 Agustus 2021.

Nurlela. (2017), “pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar matematika siswa SMP AN-nadwa islamic centre Binjai tahun pelajaran 2016/2017â€.

Perwiraga Hartami, Dan Abdullah R. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelasa X MAN Sabangâ€. Jurnal Lantanida, Vol. 2, No. 2.

Purbayu dan Ashari. (2005). “Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSSâ€. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Rahmadani, AP. (2009). “Problem Based Learningâ€. Diakses dari http://repo.lain-tulungagung.ac.id). Pada Tanggal 16 Mei 2021.

Subchan, dkk. (2018). “Matematika / Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan SMP Kelas IXâ€. Jakarta: Kemendikbud. ISBN: 978-602-282-984-3.

Sugiyono. (2020). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. “Metode Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: Rosdakarya.

Trianto. (2009). “Mendesain model pembelajaran inopatif-progresifâ€. Jakarta: kencana.

Udayanti. (2017). “Penerapan Metode Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVAâ€. Jurnal Ilmiah Dasar,Vol. 1, pp 51-58.

Usman H. (2008). “Pengantar Statistika Edisi Keduaâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanto dkk. (2018). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempatâ€. Jurnal Cendikia Pendidikan Matematika, Vol. 2, No .1.

Zainul dkk, (2016). “Analisis Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jemberâ€. Jurnal Edukasi UNEJ, Vol. 3, No. 2.

Downloads

Published

2022-05-10