PENGGUNAAN MODEL LAPS HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model LAPS Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Ekxperimental Desaing tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa yang berada di kelas VII. Hasil persamaan regresi linier adalah  x, hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa “ Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran LAPS Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswaâ€.

References

Aris,Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Danoebroto, Sri Wulandari. ( 2013). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika, Jakarta: Karya Pratama.

Fadillah,Lailatul.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi pada Universistas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas tarbiyah dan keguruan jurusan PMIPA Prodi pendidikan Matematika : tidak diterbitkan

Sari, Dira Puspita dan Lilis Saputri. (2018). pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation Nusantara, Vol. 1 (2), ISSN: 2614 – 512X (print), ISSN: 2614-5138 (online). Halaman: 108-115.

Sitepu, D.R dan Regina Sinaga. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heands Together (NHT) Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 STABAT. Jurnal Serunai Matematika, Vol.7 No.2 e-ISSN 2621 – 2676, p-ISSN 2528 - 0775. Halaman : 152 - 160

Afni, Khairina. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Putra Jaya STABAT T.P 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-3. Halaman : 55 – 62.

Mardiati, dkk. (2021). Pengaruh Penerapan Model Core Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Serunai Matematika, Vol.12, No.2, e-ISSN 2620-9217. Halaman : 91-98.

Adiarta, I. M., Candiasa, I. M., & Dantes, G. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Payangan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4.

Suryani dan Iqbal. (2018). â€Pengaruh Model Pembelajaran Logan Aveune Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa.Jurnal Ilmah Pendidikan Matematika AL-QALASADI.Vol (2),No (2).

Susanti, Witna. dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS Heuristic Dikelas X SMAN 2 Batang Anai. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP - UMRAH Vol. 1 No. 2, p-ISSN. 2503-0671, e-ISSN. 2548-5547. Halaman : 39-50.

Rahma, Ira Silviana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)- Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika Vol.2 No.1. Halaman: 48-60.

Noviyanti, Fitria. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Laps-Heuristic Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, Vol.1 No.2. Halaman: 12-15.

Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol.2 No.1. Halaman: 11–23.

Downloads

Published

2022-05-10