MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI

Authors

  • Lilis Saputri STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati Mardiati

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.558

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Tamansiswa Diski-Sunggal dan pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan masing-masing jumlah siswa adalah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linier sederhana. Diperoleh hipotesis dengan taraf signifikan 5% adalah   > 0,388  maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara model pembelajaran problem solving dan kemandirian belajar siswa

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bird, Lyn. 2009. Developing Self Regulated Learning Skills in Young Student. Thesis. Deakin University.

Efina, Hetty. 2015. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Yang Diberi Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Sma Harapan 1 Medan. Jurnal Warta Edisi : 61. Universitas Dharmawangsa. ISSN : 1829-7463.

Fatimah, Ade Evi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol. 2, No. 1. ISSN: 2528-4363.

Firmansyah, Surjani Wonorahardjo, Munzil Arief. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Web Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 4 No. 2, Juni 2016, Hal 65–72. ISSN: 2338-9117/EISSN: 2442-3904.

Sanjayanti, A. Sulistiono, Dwi Ari Budiretnani. 2015. Tingkat Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Kelas XI MIA-5

pada Model PBL Materi Sistem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Saputri, Lilis. 2014. Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Geometri Berbantuan Wingeom. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Suminto. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving Pada Materi Pokok Lingkaran. 1(1). 2015.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. 2010.

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Tunas

Siliwangi, 3(2), 175–180.

Zamnah, Lala Nailah. 2017. Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA) Vol. 1 No. 2, Hal, 31-38. ISSN 2541-0660.

Downloads

Published

2022-05-10