Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Geometri

Authors

  • Aklimawati Aklimawati Malikussaleh University
  • Yeni Listiana Malikussaleh University
  • Erna Isfayani Malikussaleh University
  • Zainuddin Zainuddin Malikussaleh University
  • Riva Aulia Malikussaleh University

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665

Abstract

             Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menjawab tantangan dunia pendidikan untuk terus mengoptimalkan pembelajaran pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Persaingan dunia pendidikan menjadi fokus utama  dalam dunia global, termasuk peran pendidikan matematika. Banyak  kajian dalam mempelajari matematika, salah satunya geometri. Kejadian dilapangan menunjukkan bahwa prestasi siswa Indonesia masih rendah dalam bidang geometri. Penyebab kesulitan dalam mempelajari geometri adalah kurangnya pengetahuan guru dalam mendesain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, kurangnya informasi terbaru baik berupa buku maupun media pembelajaran yang sesuai dengan standar kurikulum yang telah diterapkan. Sehingga dianggap perlu untuk mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory  (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Geometri bertujuan untuk melihat kelayakan HLT yang dikembangakan berdasarkan penilaian ahli materi dan  ahli media, kepraktisan berdasarkan respon peserta didik serta keefektifan HLT berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Gravemeijer & Cobb design research terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis dan dilaksanakan di SMPN 1 Dewantara. Hasil penelitian  ini yaitu:  (1) validasi  pada aspek penilaian  ahli materi  bernilai  88,26% dengan  kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dengan reliabilitas bernilai 85,71% dengan kategori sangat baik, (2) validasi pada aspek penilaian ahli media bernilai 88,75% dengan kategori sangat valid, atau dapat digunakan tanpa revisi dengan nilai reliabilitas bernilai 88,88% dengan kategori sangat baik dan (3) nilai respon peserta didik  sebesar 81,29%, dengan kriteria sangat praktis dan penilaian ketuntasan hasil test menunjukkan nilai 96% dengan kategori memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. Maka dapat disimpulkan HLT berbasis RME dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan.Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, Realistic Mathematics Education, dan Geometri  

References

Fonna, M. &. (2018). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 2, No. 1).

Freudenthal, H. (1983). Didactical Phenomenology of Mathematical Structures. Dordrecht: Reidel.

Gravemeijer, K. &. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. London: Gravemeijer, K. & Cobb, P. In Jan van den Akker, et.al. Educational Design Research London: Routledge.

NCTM. (2000). Principles and Standar for Scholl Matematics. USA: NCTM.

Rismaini, L. D. (2019). Pengembangan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 19 Nas Sabaris. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia.

Runisah, R. R. (2021). Runisah, R Auditory Intellectually Repetition: Apakah Berdampak Pada Kemampuan Pemahaman Geometri Siswa Berkemampuan Rendah? Runisah, R. R., Ismunandar, D., Sudirman, S., & Vianto, Y. G. (2021). Auditory Intellectually Repetition: Apakah Berdampak Pada JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Runisah, R. R., Ismunandar, D., Sudirman, S., & Vianto, Y. G. (2021). Auditory Intellectually Repetition: Apakah Berdampak 125-135.

Sapti, M. (2017). Desain Pembelajaran Mathematical Learning Trajectories. Jurnal Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, 388-399.

Downloads

Published

2022-11-02