PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs

Authors

  • Mardiana mardiana M.Pd STKIP BUDIDAY BINJAI

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-pair-Share) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa yaitu kelas eksperimen yang diperoleh dengan secara sampel acak kelas pada siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri 5 butir soal bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal, dan berdasarkan perhitungan analisis regresi linier sederhana menunjukkan rhitung 8,68 dan rtabel 0,361 pada taraf signifikansi 5% yang berarti rhitung > rtabel (8,68 > 0,361), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswaâ€.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share), Kemampuan Berpikir Kreatif

References

Mudjriin, dkk. 2013. .Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ThInk Pair Share Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 02 Kopang. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,Vol.3

Faridah, Nenden, dkk .2016. Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No.1

Rahmatina Siti, dkk. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Dan Impulsif. Banda Aceh, Jurnal Didaktik Matematika Vol.1 , No.1

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif,, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Marlina, dkk. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Sswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, Vol.1, No. 1

Downloads

Published

2023-08-18