Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v10i2.73Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian adalah penelitian quasi eksperimen (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian One group pretest-posttes design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis siswa berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan penulis berditribusi normal.Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Inkuiri sangat berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttests hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa yang telah diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri adalah lebih tinggi dari pada nilai rata-rata preteset, sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran Inkuiri memiliki pengaruh. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitia suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta. 2013
D, Parjayanti A. dan Wardono. Studi Komparasi Model Pembelajaran Antara Inkuiri Dan Advance Organizer Untuk Penalaran Matematis. Jurnal
Kreano. ISSN : 2086-2334. Vol. 4. No. 1. hlm. 65. 2013
Hasratuddin. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. jurnal pendidikan matematika. Vol 6 Nomor 2. Hal. 113. 2013
Kuntjojo. Metodologi Penelitian. Kediri. 2009
Kurniasih, Imas dan Berlin Sana. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Pendidik. Kata Pena. 2015
Muhtoifin. Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Intizar. Vol. 21. No. 2. hlm. 313. 2015
Rosita, Cita Dwi. Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid. Vol.1. No.1. hlm. 34. 2014
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. 2006
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. 2010
Sudjana. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. 2012
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2012
Sulistiawati. Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Limas. Jurnal Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Dan Tik Stkip Surya 2014. ISBN : 978 – 602 – 14432 – 2 – 4. hlm. 206. 2015.
Tohap, Andry. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dan Sikap Ssiwa terhadap Matematika melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Se-Kabupaten Pakpak Bharat. Tesis. Pascasarjana UNIMED. Hlm. 4. 2012
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana. 2009
Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher. 2007
Utami, Nita Tri dkk. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Sman 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Squareâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 1. hlm. 7. 2014
Waspada. Pengamat Kritik Soal HOTS di UNBK 2018. Senin 14 April 2018
Widiastuti dan Rusgianto Heri Santosa. Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar, Rasa Ingin Tahu, dan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9. No. 2. hlm. 4. 2014