PENGARUH PENDEKATAN OPENENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI

Lilis Saputri M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and post-test control group design. Populasi adalah siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 23 orang. Data dalam kelompok kontrol berjumlah 23 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi rederhana. Tes yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang dinyatakan validitor dan siswa data valid . dengan data normalitas 8,83 normal, data homogenitas 0,917 Homogen, dan data hipotesis 0,925 normal. Dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif  kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah  67,56 dan 68,41. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-r, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai  kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 0,925 sedangkan  0,396, Pengujian hipotesis dalam  uji-r juga dilakukan perhitungan diperoleh nilai  kepercayaan diri siswa kelas eksperimen adalah 0,907 sedangkan  0,396. Maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaaan diri pada materi SPLDV dikelas X SMK Putra Anda Binjai.

Full Text:

PDF

References


Afifi,John ( 1 Menit Mengatasi Rasa Percaya Diri Anda), Jakarsa: Penerbit Cetakan Pratama, 1988

Arikunto, Suharsimi,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Reneka Cipta, 2009

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitiasn Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Rineka Cipta, edisi revisi 2010

Cahyaningsih, Restu & Asikin, M. Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Nalar Pendidikan, No.1 Volume 3, Januari - Juni 2015

Farhan, Abu, Rasa Kepercayaan Diri Tinggi, (Bali : Undiksha Press), Tahun, 2012.

Firdaus, Berpikir Kreatif , Open-Ended, Jurnal pendidikan, Volume 1 No.2, Februari 2016,

Fitriani, Ani. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, 2015

Guilford, Indikator Berpikir Kreatif Kepekaan Dan Kelancaran, Jakarta : Rineka, Tahun 2010

Iman, Sutaris & Bernadi, Identifikasi Proses Dan Pristiwa Pendidikan, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan FIP-IKIP, 2002

Irawati, Tanti, Berpikir Kreatif, Surabaya : Alfabeta, Tahun 2009

Juniarti, Fitri, Saatnya Percaya Diri, Jakarta : Bumi Aksara, Tahun 2010

Koriyah, Nur, Vivi, Pengaruh Open-Ended Terhadap Kepercayaan Diri Prestasi Belajar, Berpikir Kritis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP , Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10 No.1, Tahun 2015.

Lambertus, Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP, Jurnal Pendidikan MIPA, Volume.4 No.1, 2013

Riadi, Muchlisin, Rasa Kepercayaan Diri, Jakerta : Rineka Cipta, Tahun 2014

Restu, M, Rasa Ingin Tahu Berpikir Kreatif, Bali : Undiksha Press, Tahun 2001

Sarastika, Pradipta. Stop Minder Dan Grogi. (Jakarta : Araska ), Tahun 1989.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2012

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian Bandung : Alfabeta, 2012

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005.

Tabrani & Rusyan, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2001

Torrance, Ayo Berpikir Kreatif , Jakarta : PT Bumi Aksara, Tahun 2013

Wahyuni, Sri, Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Didepan Umum Pada Mahasiswa Psikologi, Jurnal Psikologi, Volume 2 No.1, Tahun 2014

Wallgito, Bimo , Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta : PT. Remaja Rosdakarya, Tahun 2000




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v10i2.80

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id