PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MAKE A MATCH DI KELAS X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI TAHUN AJARAN 2018/2019

Imelda Wardani Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Dengan Make A Match Di Kelas X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode eksperimen, sampel diambil secara acak (random sampling) dari 3 kelas diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen A dan kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen B. Desain penelitian ini menggunakan A Three Treatment Counter Balanced Design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar matematika siswa berbentuk uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan Uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berdistribusi normal. Dan dari hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kedua populasi homogen. Berdasarkan hasil analisis posstest matematika siswa antara kelas Eksperimen A dan kelas Eksperimen B yang lebih meningkatkan hasil belajar siswa adalah kelas Eksperimen A yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered  Head Together (NHT). Hal ini dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberi pembelajaran Numbered  Head Together (NHT) dengan pembelajaran Make A Match.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2018). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis,dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Lailin Nurul Hidayati. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Dengan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe Make A Match pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tunggangri Tahun Ajaran 2015/2016.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.

Sumiati, Asra. (2016). Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan , dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v10i2.81

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id