PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP

Mardiati Mardiati -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Budi Utomo Binjai, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu masing-masing berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode campuran (mixed method) dengan model penggabungan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi dan analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil statistika deskriptif, rata-rata hasil belajar matematika kelas pembelajaran NHT adalah 61,844 dan kelas pembelajaran langsung adalah 61,175. Dari data postes diperoleh persamaan regrsei adalah Y=16,76+0,803X. Berdasarkan hasil uji analisis regresi diperoleh r = 0,839 artinya terdapat hubungan yang positif antara model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai pengaruhnya sebesar 70,05%. Untuk tingkat kepercayaan diri siswa  diperoleh data siswa pada kelas NHT yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi yaitu sebanyak 56,25 % dan tingkat kepercayaan diri cukup yaitu sebanyak 43,75 %. Sedangkan pada kelas langsung tidak ada siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, siswa hanya memiliki tingkat kepercayaan diri cukup yaitu sebanyak 87,5 % dan tingkat kepercayaan diri rendah yaitu sebanyak 12,5 %. Jadi, penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa SMP.

Full Text:

PDF

References


Afdin Oktaviansa, Wili. Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa, dalam jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 Nomor 01

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakrta: Rineka Cipta, 2011

Gaguk, Margono. Pengembangan Instrumen Pengukur Rasa Percaya diri Mahasiswa terhadap Matematika.. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12.1, 45-61, 2005

Hermansyah, Fadli. Hubungan Antara Pola Komunikasi Dalam Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi SMP 11 Bekasi, Jakarta:UIN Syarif Hidayatulla, 2009

Huda, Miftahul, Model-model pengajaran dan pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset, 2013

Ibrahim, Muslimin. Pembelajaran Kooperatif, cet.2. Surabaya: UNESA, 2001

Isjoni.Coopertive Learning: efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta, 2012

Katherine Her Pratiwi. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Se-Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Mahea

Kurniawati, dkk, (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar, Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 15-28.

Maheady, L., Michielle-Pendl, J., Harper, G., dan Mallette, B. (2006). The Effect of Numbered Head Together With and Without an Incentive Package on The Science Test Performance of a Diverse Group of Sixth Graders. Journal of Behavioral Education. 15 (1), 24-38

Marsa, Bernando Satria. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa. Skripsi. Bandar Lampung. Unila, 2014

Mufarokah, Anissatul. Strategi dan Model-Model Pembelajaran.Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2013

,Pengertian Kepercayaan Diri,IlmuPsikologi,Tersediaonline:http://Ilmupsikologi.wordpress.com.

,Percaya Diri, Dalam Psikologi, Tersedia online :http:/masbow.com.

R.I, Arends.Learning to teach.terjemahan Herlly Prajitno S & Sri Mulyantini S. New York, NY: McGraw Hill Companies.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Sugiono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v10i2.82

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id