PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 5 PANGURURAN

-

Authors

  • Regina Sabariah Sinaga STKIP BUDIDAYA
  • Ice wirevenska

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel penelitian ini adalah 60 siswa terdiri atas siswa kelas eksperimen 30 siswa dan siswa kelas kontrol 30 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 5 soal uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berditribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kedua populasi homogen (sama). Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas eksperimen 57,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol 45,26. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh rtabel = 0,374, sementara berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh rhitung = 0,86. Dari perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (0,86 > 0,374). Dengan demikian hipotesis yang diajukkan diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 5 Pangururan.

Downloads

Published

2023-08-18 — Updated on 2023-08-23

Versions