PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA

Authors

  • ice wirevenska
  • mardiati mardiati
  • Regina Sabariah Sinaga STKIP BUDIDAYA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi trigonometri yang mencapai tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Melati Hamparan Perak yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar validasi oleh ahli media dan materi, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas kevalidan media pembelajaran memenuhi kriteria valid sebesar 95,63%. Tingkat keefektifan media pembelajaran dilihat dari pengerjaan soal tes kemampuan pemecahan masalah, dari nilai pretest 16,6% ke postest 95,8% dengan persentase ketuntasan meningkat sebanyak 79,7% dan diukur tingkat signifikansinya melalui uji t dengan hasil t-hitung = 10,012 dan t-tabel = 2,069 dimana t-hitung > t- tabel, artinya terdapat perbedaan signifikat pada nilai pretest dan postest. Tingkat kepraktisan media powerpoint memiliki kriteria praktis sebesar 82,5% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2023-08-18