Klinik Belajar Literasi Numerasi: Program Kelas Tambahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks dan Berhitung dasar Siswa SMP Negeri 1 Hutabargot
Abstract
Literasi dan numerasi adalah kompetensi dasar yang sangat penting bagi siswa untuk dapat mengikuti pelajaran di jenjang pendidikan berikutnya. Sayangnya, hasil survey tim Kampus Mengajar 7 di salah satu sekolah SMP di Kota Hutabargot ditemukan permasalahan bahwa terdapat siswa yang tidak bisa membaca teks dan lemahnya kemampuan berhitung dasar. Oleh karena itu tim Kampus Mengajar angkatan 7 merancang sebuah program yaitu klinik belajar sebagai kelas tambahan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca teks dan berhitung dasar. Program ini diimplementasikan dalam bentuk pendampingan intensif yang melibatkan mahasiswa peserta program Kampus Mengajar Angkatan 7. Metode yang digunakan adalah pendekatan individual dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca dan berhitung dasar siswa yang mengikuti program ini.References
Amanda, S. D., M. Mardiati., Napitupulu, L. H., & Silalahi, J. N. B. (2024). MEMBANGUN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6. Jurnal Serunai Matematika, 16(1).
Barus, F. B., Ritonga, F. U., & Ginting, B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Sekolah Dasar Menggunakan Program Mobile Teaching. Mahaguru: Pendidikan guru sekolah dasar, 287-294.
Dacholfany, Mardiati. I., Azis, A. A., Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., & Mokodenseho, S. (2023). Peningkatan kualitas pendidikan masyarakat melalui program pelatihan dan bimbingan studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129-141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.121
Hutagalung, T., Ginting, A. B., Hamida, F. N., & Sormin, S. G. (2024). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 19016-19027.
Istiqomah, A. N. (2024). PERAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM PENGUATAN NUMERASI DI SEKOLAH. Jurnal Serunai Matematika, 16(1).
Khairani, S., Mardiati, M., Tamsil, I. S. ., & Tamsar, P. M. (2023). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 6 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SDN 101970 SEI KARANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12634–12642. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22977
Malik, A., Kaddas, B., Nurdiansyah, E., Erniati, & Jumriati. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 271 PALLAE. ALENA – Journal of Elementary Education, 27-33.
Noer, A. D. ., & Harsiwi, N. E. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6181–6186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28676
Pangestu, J. S. (2024). Peningkatan Literasi dan Numerasi di UPT SDN 21 Kandang Baniah. jurnal pengabdian masyarakat bangsa, 2963-2970.
Rizki, M. D., Nugroho, F. A., Hapsari, C. R., Paramitha, A. P., Haliza, D. M., & Lutfiana, N. (2023). Pengaruh Kemampuan Berhitung Terhadap Nilai Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SD. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 913-920.
Saputri, L. ., Mardiati, M., Sitepu, D. R. B. ., Susilawati, E. ., Ningsih, Y., Ayumi, N., & Siregar, Z. A. D. (2023). Pendampingan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar di Desa Tanjung Putus, Padang Tualang, Langkat, Sumatera Utara. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–98. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i1.344
Silalahi, M. P. (2023). Klinik Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berbasis Teknologi Dan Permainan Di SD Swasta Luis Betlehem Kecamatan STM Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 295-300.
Triyono, Dini Rahmawati, & Arri Handayani. (2023). Analisa Kemampuan Membaca pada Anak Sekolah Dasar: Literature Review. Journal of Education Research, 4(4), 2558–2563. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.649
Published
Versions
- 2024-09-05 (2)
- 2024-09-05 (1)