MENGONSTRUKSI KEPEDULIAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN SASTRA NUSANTARA DI KELURAHAN MARTOBA KECAMATAN SIANTAR UTARA

Authors

  • Erlinda Nofasari STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sri Ulina Ginting STKIP Budidaya Binjai
  • M. Ali Siddiqin STKIP Budidaya Binjai
  • Yesi Parwati STKIP Budidaya Binjai

Keywords:

Kepedulian Masyarakat, Mengonstruksi, Sastra Nusantara

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membangun kepedulian masyarakat dalam pelestarian sastra Nusantara di Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi kepada peserta didik dan masyarakat melalui penyuluhan. Kegiatan ini melibatkan metode pembelajran bercerita. Sosialisasi tentang pelestarian sastra Nusantara di Kelurahan Martoba ditujukan kepada masyarakat usia sekolah serta masyarakat umum, agar masyarakat Kelurahan Martoba dapat meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian sastra Nusantara. Kegiatan sosialisasi program pengabdian masyarakat bidang pendidikan ini memperkenalkan kembali sastra Nusantara di era globalisasi, memiliki manfaat yaitu menambah wawasan masyarakat Kelurahan Martoba tentang pentingnya pelestarian sastra Nusantara serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diharapkan mampu membangun kepedulian masyarakat dalam pelestarian sastra Nusantara serta menanamkan budaya Indonesia pada generasi bangsa.

Author Biographies

Sri Ulina Ginting, STKIP Budidaya Binjai

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

M. Ali Siddiqin, STKIP Budidaya Binjai

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Yesi Parwati, STKIP Budidaya Binjai

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Dewantara, Ki Hajar. (2020). Pendidikan dan Kebudayaan dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginting. Sri Ulina. Nofasari Erlinda. Dina Risma. Ismail. Kartolo Rahmat. 2024. Sosialisasi Tri Gatra Bahasa Yaitu: Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing Pada Masyarakat Desa Telagah Kecamatan Sei Bingai. Jurnal Adam Pengabdian Masyarakat. Volume 3 No. 1 Hal. 72-79.

Hasanah, Ulfa Luluk. Andari Novi. 2021. Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Ilmiah FENOMA Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 4 No. 1 Hal. 48-66.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

LPPM_Buku Panduan PENGABDIAN MASYARAKAT STKIP Budidaya Binjai 2024

Piaget, J. (30: 1970). The Sciene of Education and the Psychology og the Child (Terjemahan). New York: Viking Press.

Robbins, S. P., & Judge, T. A (2022). Organizational Behavior . Boston: Fifthen Edition, Pearson.

Santoso, J., & Astuti, A. (2023). Kontribusi Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Masyarakat. Surabaya: Penerbit Ilmu Indonesia.

Sidabutar. Marlinggom Ice. 2024. Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra Nusantara: Implikasi bagi Kurikulum Merdeka. Borospati: The Jurnal of Bilingualism, Organization, Researtch, Articles, Studies In Pedagogy, Anthropology, Theory, and Indigenous Cultures.Vol 1 No. 1 Hal. 15-27.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-10). Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (19: 1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Process (Terjemahan). Combridge: Harvard University Press.

Zainuddin, M. (103-108: 2023). Multikulturalisme dalam Sastra Nusantara. Bandung: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2025-02-04