PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE ( TPS ) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ice wirevenska

Abstract


Masalah yang terlihat dalam penelitian ini yaitu 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Binjai masih tergolong rendah; 2) Siswa tidak mampu mengemukakan pendapatnya; dan 3) Model pembelajaran yang digunakan belum sesuai. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini laksanakan SMP Negeri 4 Binjai jalan Bejomuna Kel.Timbang Langkat di Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental), sampel yang di ambil dalam penelitian ini dengan cara simple random sampling, dengan unit samplingnya adalah kelas VIII1, VIII2, VIII3 danVIII4. Pada penelitian ini, terpilih kelas VIII2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel 60 siswa. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) sedangkan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa yang terdiri lima butir soal. Data yang diperoleh terdiri dari nilai kognitif pemahaman konsep matematika. Data awal tersebut berupa nilai tes kemampuan awal yaitu nilai matematika pretest dan nilai tes akhir pada materi aljabar yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaandua rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (5,00 > 4,13). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t bahwa thitung > ttabel (6,488 > 1,665) maka hipotesis Ha diterima,  sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. PT Ramaja Rosdakarya, Bandung.

Nurhikmah, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think – Pair – Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMPNegeri 9 Palu . e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 4, Oktober 2016 ) Hal 98.

Rusman. 2011. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wirevenska, Ice. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Karya Bunda. Tesis PPS UNIMED.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.173

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id