PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTS SWASTA YASPEND MUSLIM PEMATANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • R. Maisaroh R. Siregar STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Lailan Thawila

DOI:

https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII  MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 120 siswa yang berdistribusi dalam empat kelas.sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas  yaitu kelas VII-2 dan VII-4 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling dan diperoleh kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan VII-4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sample penelitian kemudian diberikan pretes dan postes, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes dalam bentuk tes uraian. Dari pengujian hipotesis ternyata r ≠ 0 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Numbered Head Together dengan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII semester ganjil MTs Swasta Yaspend Muslim Pematang Tengah tahun pelajaran 2017/2018 hal ini dibuktikan dari hasil  pengujian hipotesis pada taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,012 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel= 1,671 dengan n = 30 dan taraf signifikan 5%. Karena thitung  > ttabel atau 3,012 > 1,671  maka H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Ansari, B. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena. 2009.

Hudojo, H. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang. 2003

Ibrahim, M.H dkk., Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya, University Press: Surabaya. 2000.

Kristina,Handriani. Meningkatkan Kemampuan Siswa SMA Memahami Konsep Permutasi dan Kombinasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learnining Cycle). Jurnal ilmiah guru kanderang tigang diterbitkan tahun 2007.

Slavin, E Roberts. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik cetakan VIII. Bandung: Nusa Media. 2010

Downloads

Published

2019-10-24