PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN BAKER APPLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : (1) Mengukur efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang dikembangkan, dan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep persamaan linear satu variabel pada ujicoba I ke ujicoba II dengan menggunakan perangkat pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk tahap penyebaran dilakukan penyebaran terbatas. Hasil pengembangan diterapkan terbatas pada sekolah mitra saja, yaitu SMP Negeri 3 Binjai. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep persamaan linier satu variabel siswa, lembar pengamatan aktivits siswa dan angket respon siswa. Dari hasil pengembangan ini diperoleh hasil : (1) Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan Baker Applet yang dikembangkan valid dan efektif (2) Kemampuan pemahaman konsep persamaan linier satu variabel siswa yang menggunakan LKS yang dikembangkan berdasarkan hasil uji lapangan yang dilakukan telah tercapai dan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Arends. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Dua. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Febriyani. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa MTs N Tanjung Pura.Unimed

Jupri, A., Drijvers, P. & Van den Panhuizen, M. (2015). Improving Grade 7 Students’ Achievement in Initial Algebra Trough a Technology-Based Intervention: Published Online

Setyosari. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Mediagroup

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.175

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id