PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs AL AZHAR BULU CINA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Silvia Harleni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIIMTs Al-Azhar Bulu Cina tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 91 orang. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai subyek penelitian. Kelas eksperimen diberi pendekatan matematika realistik dengan jumlah 31 orang dan kelas kontrol diberi metode konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil utama dari penelitian ini adalah : secara keseluruhan siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik secara signifikan rata-rata pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematikanya lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian maka pendekatan matematika realistik dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peneliti menyarankan agar pendekatan matematika realistik bisa diterapkan pada pembelajaran matematika untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, serta memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara yang baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.177

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id