PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS X SMK SPP NEGERI ASAHAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Muliana Agus, Irwan Irwan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning StartsWith A Question terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Matriks di kelas X SMK-SPP Negeri Asahan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X TPH dan X BUN A. Banyak siswa untuk masing-masing kelas adalah 34 siswa, Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil uji coba validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Dari hasil uji coba tes ternyata diperoleh sebanyak 5 soal tes valid. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data rata-rata dan simpangan baku pada kelas eksperimen untuk data pretes 46,471 dan 10,281, sedangkan untuk pretes kelas kontrol 43,059 dan 10,790. Dan dari data rata-rata dan simpangan baku postes 74 dan 10,708 sedangkan rata-rata dan simpangan baku postes kelas kontrol 66,471 dan 10,329. Dari analisis data dengan menggunakan uji –t pada taraf α=0,05 diperoleh thitung = 2,951 sedangkan ttabel 1,668 ternyata thitung >ttabel maka HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar menggunakan pembelajaran Learning StartsWith A Question lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas X SMK-SPP Negeri Asahan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2012. Dasar-Dasar EVALUASI PENDIDIKAN. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Selameto.2010. Belajar dan Fakto-Faktr Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sitepu, D.R 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dan Tanpa Media Audiovisual Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan Di Kelas Xi SMA Swasta Esa Prakarsa T.A 2018/2019. J. Serunai Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol 5 No. 1 e-ISSN: 2621-2676, Hal 11-18

Sudjana. N.2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.178

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id