PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI MTs AL-AZHAR BULU CINA

LILIS SAPUTRI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan student teams achievement division. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Azhar Bulu Cina. Jenis penelitian dilakukan menggunakan quasi eksperimen, sampel yang digunakan random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dari 3 kelas. Desain penelitian ini adalah two-group (pre-test - post-test). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen (rata-rata 67,30, simpangan baku 11,05  varians 122) dan kelas kontrol (rata-rata 55,93, simpangan baku 11,9 varians 141), berdasarkan uji-t diperoleh thitung 3,140 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,6698 atau thitung > ttabel. Sehingga diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran numbered head together dan model pembelajaran student teams achievement division.


Full Text:

PDF

References


Dewi, A.P., Tri Atmojo Kusmayadi, dan Budi Usodo. Eksperimentasi Model Numbered Heads Together Dengan Make A Match (NHT MM) Dan Numbered Heads Together Dengan Bamboo Dancing (NHT BD) Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,No. 2, Vol. 2, 2014.

Hartati, Puji. Peningkatna Kemampuan Memecahkan Masalah Yang Berkaitan Dengan Bangun Ruang Sisu Lengkung Melalui Model Pembelajara NHT, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas,No. 4, Vol. 16, 2015.

Istiningrum dan Sukanti. Impelementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Akutansi Pada Siswa Kelas x AK 2 SMK YKPP 2 Slema Tahun Pembelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,No. 2, Vol, 2012. hlm. 67.

Kariasa, W., I Made Ardana, I Wayan Sadra. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Pemecahan masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matemas Ditinjau Dari Penalaran Formal, Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3, 2014.

Muharom, Tria. Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe student Teams Achievement Division (Stad) Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonja Kabupaten Tasikmalaya, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, No. 1, Vol. 1, 2014.

Saputri, Lilis. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation Nusantara. p-ISSN: 2614-512X dan e-ISSN: 2614-5138, 2018.

Siswanto, Joko dan Siti Rechana. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Peta Konsep Dan Peta Pikiran terhadap Penalaran Formal siswa, Jurnal JP2F,No. 2, Vol. 2, 2011.

Suprapto. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,Journal of Mathematics and Education, No. 3, Vol. 2, 2015.

Wakhyudin, H., Risty Juliyanti. Model Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Sisiwa Kelas IV , No. 2, Vol. 4, 2014.

Yulanda, N., Mukhni, Ahmad Fauzan. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Padang, Jurnal Pendidikan Matematika, No.1, vol. 3, 2014.




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.183

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id