PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPET HINK PAIR SHARE (TPS) DAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Sri Zulhayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP Swasta Melati. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah non equivalent group pre-test post-test design. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan uji homogenitas.Normalitas diuji dengan menggunakan titik liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dimana pengumpulan data untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh H_0 ditolak, dan H_a diterima. Dari pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa  pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII SMP Swasta Melati Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang tahun ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Ali Hamzah,dkk, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2014).

Bintang Wicaksono, dkk, Model pembelajaran group Invetigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan berfikir ktitis.Vol 8 No. 2 November 2017.

Effendi Zakaria,dkk Trend Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik, (Kuala Lumpur : PRIN-AD,SDN,BHD,2007) .

Ichwanu, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Lembar Kerja Sosial Alternatif Untuk Siswa SMP Kelas VII Dalam Pemecahan Masalah Tentang Segiempat dan Segitiga Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 No 3 Tahun 2014.

Ike Nataliasari,Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penlaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Vol. 1 No.1, 2014, artikel 3.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif,(Medan:MediaPersada,2015).

Jakni, Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan, (Bandung : Alfabeta ,2016).




DOI: https://doi.org/10.37755/jsm.v11i2.184

Refbacks



Jurnal Serunai Matematika

STKIP Budidaya Binjai  Sumatera Utara

http://http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id